Berita

Ketua JMSI Lampung Prihatin Ulah Walikota Herman HN Emosi Terhadap Wartawan

Laporan: Redaksi
KOMENTAR
post image
Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Herman Batin Mangku

Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Herman Batin Mangku prihatin  gampang emosinya beberapa pemimpin menghadapi wartawan atau pemberitaan media di daerah ini.

Tapi juga, media apalagi wadah organisasi jangan sampai terpolitisasi bahkan dimanfaatkan di luar kepentingan jurnalistik.

Berita Terkait


"Misalnya, jika Si A digasak habis-habisan, giliran Si B tutup mata," ujarnya, Selasa (10/11).

Apa lagi di tahun politik ini, jangan sampai wartawan, media, dan wadah organisasinya menjadi kehilangan independensi dan itikad baik karena ada agenda lain atau tak disadari dimanfaatkan kepentingan lain.

“Wartawan menjadi pendobrak dan penyampai kritik kepada penguasa dan selalu menyuarakan suara rakyat, bukan kepentingan kelompok. Independensi adalah rohnya wartawan,” tegasnya.

Senin (9/11), Wali Kota Bandarlampung Herman HN marah terhadap wartawan Lampung TV sampai mengatakan hendak memecah kepala sang wartawan ketika ditanya berulang terkait netralitas ASN.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pernah pula mengatakan agar wartawan RMOLLampung menulis yang baik-baik saja agar tidak "innalilahi". Padahal, media tersebut tak menulis berita yang dimaksud sang kepala daerah.

Dari kedua peristiwa tersebut, ada sikap wartawan, media, dan wadah media yang berbeda walau masalahnya sama-sama terkesan adanya arogansi penguasa terhadap kerja-kerja jurnalistik, katanya.

Menurut Herman Batin Mangku, semua hal itu sebetulnya tak perlu terjadi karena sudah menjadi tugas wartawan untuk bertanya, konfirmasi, walau pertanyaannya dirasa tak nyaman oleh sang penguasa.

"Jika enggan menjawab juga tak ada-apa, cukup katakan no coment," katanya.

Hal itu, katanya, untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik memeroleh informasi yang benar berlandaskan moral dan etika profesi dalam menjaga kepercayaan publik, integritas, serta profesionalitas.

Foto Lainnya

Bamsoet: Niat Mulia JMSI Patut Didukung

Sebelumnya

Ketua MPR RI: JMSI Harus Bantu Pemerintah Jaga Keutuhan Bangsa

Berikutnya

Artikel Berita