Berita

Hebat! Lomba Baca Puisi JMSI Catat Rekor Dunia

Laporan: Redaksi
KOMENTAR
post image
Pendiri Museum Rekor Indonesia-Dunia (MURI) Jaya Suprana ketika mengumumkan penetapan lomba baca puisi JMSI sebagai rekor dunia.

Menyambut Musyawarah Nasional (Munas) I, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menggelar perlombaan pembacaan puisi yang diikuti wartawan. Peserta berasal dari media massa berbasis internet yang menjadi anggota JMSI di seluruh Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum JMSI, Mahmud Marhaba, mengatakan, lomba baca puisi ini bertambah spesial karena akan dicatat sebagai rekor dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Di tengah persiapan menuju Munas, kita gelar ini (baca puisi) dan diikuti kurang lebih 43 orang. Kami sudah bagi per wilayah," ujar Mahmud saat membuka perlombaan yang digelar secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Minggu (28/6).

Selain diikuti wartawan, lomba baca puisi itu juga menghadirkan bintang ekonom senior DR. Rizal Ramli, aktivis prodemokrasi Adhie Massardi, pengamat komunikasi politik Hendri Satrio, wartawan senior Asro Kamal Rokan, dan mantan anggota DPR RI Ahmad Yani. Seperti peserta lomba, mereka juga memperlihatkan kepiawaian membaca puisi.

JMSI dideklarasikan pada tanggal 8 Februari 2020 saat penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, oleh pemilik dan pengelola media massa berbasis internet atau media siber dari 21 provinsi.

Munas yang akan diselenggarakan hari Senin besok (29/6) akan memilih ketua umum dan menetapkan Anggaran Dasar, serta program kerja Pengurus Pusat periode 2020-2025.

Sertifikat rekor dunia dari MURI untuk lomba baca puisi virtual ini diserahkan langsung oleh pendiri MURI, budayawan Jaya Suprana.

"Piagam atas rekor lomba membaca puisi secara virtual pertama di dunia oleh wartawan dengan ini dianugerahkan kepada JMSI," ujar Jaya Suprana.

Jaya Suprana juga mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Munas JMSI.

"Selamat bermuktamar untuk JMSI. Merdeka," sambung Jaya Suprana.

Munas pertama JMSI ini sedianya digelar di Pakanbaru, Riau. Namun, karena situasi pandemi Covid-19,  JMSI sepakat untuk menyelenggarakan munas secara virtual.

Menjelang pelaksanaan Munas I JMSI, panitia dan pengurus pusat JMSI juga telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan berupa diskusi virtual.

Diskusi tersebut menghadirkan tiga dutabesar RI untik tiga negara, yakni Republik Rakyat China, Republik Korea, dan Republik Vietnam. Diskusi mengenai situasi pandemi dan strategi masing-masing negara menghadapi situasni normal digelar pada tanggal 16 Juni, 18 Juni, dan 20 Juni.

Lalu pada 23 Juni rangkaian Munas I JMSI secara resmi dibuka Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selanjutnya pada 25 Juni, JMSI menggelar diskusi yang membahas tantangan media siber di era pandemi, dengan menghadirkan dua pembicara yakni pendiri CekNRicek Ilham Bintang dan pendiri Jagaters Joko Intarto.

Berita Terkait


Foto Lainnya

Ingin Fokus Pimpin JMSI, Teguh Santosa Mengundurkan Diri Dari Dewan Kehormatan PWI Pusat

Sebelumnya

Munas JMSI, Teguh Santosa Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum

Berikutnya

Artikel Berita